Jumat, 15 Juni 2012

Titrasi potensiometri


A.    Tujuan Percobaan :
Menentukan titik ekivalen secara potensiometri.

B.     Dasar Teori
Potensiometri merupakan salah satu cara pemeriksaan fisiokimia yang menggunakan peralatan listrik untuk mengukur potensial elektroda indicator. Salah satu pemakaian potensiometri yang paling penting adalah untuk pengukuran pH larutan berair. Potensial sel yang terukur sebanding dengan pH larutan.
Titrasi potensiometri adalah titrasi yang titik akhirnya ditemukan melalui pengukuran potensial elektroda (elektroda direndam dalam campuran pereaksi).
Beda potensial antara kedua elektroda diukur memakai alat ukur potensial atau alat ukur pH. Salah satu elektroda dinamakan elektroda indicator, elektroda ini peka terhadap perubahan keaktifan salah satu species dalam larutan. Elektroda indicator dikelompokkan menjadi dua kelompok yaitu elektroda logam dengan elektroda membran. Elektroda lainnya dinamakan elektroda pembanding dengan harga potensial praktis tidak berubah selama berlangsungnya pengukuran.
Dalam aplikasi metode potensiometri yaitu titrasi potensiometri, kurva titrasi dihasilkan dengan jalan mengalurkan harga potensial/pH terhadap volume. Sedangkan titik akhir titrasi ditandai dengan perubahan tajam dalam harga potensial/pH, jumlah atau konsentrasi analit yang diamati dihitung berdasarkan mL larutan penitrasi yang diperlukan untuk mencapai titik akhir titrasi. Pengamatan/pembacaan dilakukan pada awal sebelum titik ekivalen dan setelah titik ekivalen. Letak titik ekivalen dapat ditentukan dengan memakai metode konstruktif atau metode derivatif.
C.    Alat dan Bahan
Alat :
1.  pH meter
2.  Magnetic stirrer
3.  Buret dan statif
4.  Gelas kimia
5.  Pipet tetes
Bahan :
1. HCl 0,1N
2. NaOH 0,1N
3. Aquadest

D.    Prosedur Kerja
1.  Menghidupkan pH meter dan membiarkan selama beberapa menit.
2.  Mengukur pH larutan sampel sebelum titrasi dan mencatat hasilnya.
3.  Menitrasi larutan HCl dengan NaOH dan membaca pH larutan sampel pada setiap penambahan 1 mL larutan titran.
4.  Melakukan titrasi sampai titik ekivalen terlampaui.
5.  Membuat kurva titrasi dan menentukan konsentrasi analit.

E.     Hasil Pengamatan
Tabel hasil Pengamatan
No.
mL titran
pH
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
0
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
1,53
1,57
1,61
1,65
1,68
1,72
1,79
1,84
1,90
1,96
2,02
2,12
2,16
2,25
2,36
2,65
5,27
7,01
9,34


H.    Pembahasan
Percobaan yang dilakukan bertujuan untuk menentukan titik ekivalen titrasi dengan metode potensiometri. Metode potensiometri berdasarkan pada harga potensial suatu elektroda indikator. Besarnya potensial elektroda indikator ini bergantung pada kepekatan ion – ion tertentu dalam larutan. Karena itu, dengan menggunakan persamaan Nernst, kepekatan ion dalam larutan dapat dihitung dari harga potensial yang diukur. Potensial sel ini sebanding dengan pH larutan. Penentuan titik ekivalen dengan cara ini lebih teliti dibanding penggunaan indikator.

Dari grafik (b), (c), dan (d) dapat disimpulkan bahwa titik ekivalen titrasi dicapai bervariasi yaitu pada penambahan 17mL, 16 dan 15 mL larutan titran.
I.       Kesimpulan
Titik ekivalen suatu titrasi dapat ditentukan dengan metode potensiometri yaitu berdasarkan harga potensial larutan.
Titik ekivalen dapat ditentukan dari kurva titrasi potensiometri yaitu (a) kurva hubungan antara pH dan mL titran; (b) kurva yang  diperoleh dengan cara diferensial yaitu dengan menghitung kenaikan potensial per satuan kenaikan volume titran () sebagai fungsi dari volume titran yang ditambahkan; dan (c) perubahan kemiringan kurva titrasi () terhadap volume titran.

DAFTAR PUSTAKA
Harrizul Rivai. Asas Pemeriksaan Kimia. Jakarta : Universitas Indonesia Press, 1995.
Staf Pengajar Elektrometri. Penuntun Praktikum Elektrometri. Palu: Tadulako University Press, 2008.
Sumar Hendayana, Ph.D dkk. Kimia Analitik Instrumen. Semarang : IKIP Semarang Press, 1994.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Koneksi Antar Materi Modul 3.2.a.9

 "Tugas Modul 3.2.a.9 - Koneksi Antar Materi" Pemimpin Pembelajaran dalam Pengelolaan Sumber Daya Oleh : Kasmir Syamsudin Male, S....