Sabtu, 23 Juni 2012

MATERI ON MIPA-PT 2011



A. Materi Olimpiade Matematika
Materi olimpiade matematika mencakup: aljabar linier, struktur aljabar, analisis real, analisis kompleks dan kombinatorika, dengan deskripsi masing-masing materi sebagai berikut:
1) Aljabar linier
Operasi matriks dan sifat-sifatnya: determinan; ruang vektor real dan kompleks: subruang, bebas linier, basis dan dimensi, hasil tambah langsung; transformasi linier: peta, inti, rank dan nolitas, matriks representasi, keserupaan, proyeksi; nilai dan vektor karakteristik: diagonalisasi; ruang hasil kali dalam: norma, ortogonal, proses Gram-Schmidt, komplemen ortogonal.
2) Struktur aljabar
Grup, subgrup, subgrup normal, grup kuosien, homomorfisma grup, Teorema lagrange, ring, integral domain, field, karakteristik ring, ideal, ring kuosien, daerah Euklid, ring polinomial.
3) Analisis real
Bilangan real, supremum dan infimum, barisan, limit fungsi, fungsi kontinu, turunan fungsi, teorema Taylor, integral Riemann, deret fungsi, dan topologi di R (himpunan terbuka, himpunan tertutup, titik limit, himpunan kompak, fungsi kontinu, ruang metrik).
4) Analisis kompleks
Bilangan kompleks, fungsi kompleks, transformasi elementer, fungsi analitik, integral kompleks, barisan bilangan dan deret kompleks, dan residu dan kutub.
5) Kombinatorika
Koefisien binomial, pohon, the Marriage Theorem, tiga prinsip dasar (pigeon hole, inklusi-eksklusi, dan paritas), Eulerian dan Hamiltonian, dan rekuren.




B. Materi Olimpiade Kimia
Materi olimpiade Kimia mencakup: Kimia Anorganik, Kimia Fisika, Kimia Organik, dan Kimia Analitik dengan deskripsi masing-masing materi sebagai berikut:
1) Kimia Anorganik
Konfigurasi elektronik atom dan ion; tren dalam susunan berkala (unsur-unsur utama); tren dalam sifat-sifat kimia (golongan utama); Struktur molekul; struktur kristal logam dan ionik; energi kisi (persamaan Born-Lande dan Kaputsinkii); diagram Born Haber; tata nama; Hitungan kimia; isotop; siklus alami: blok s, blok p dan blok d; penulisan reaksi pengkompleksan; definisi bilangan koordinasi; prediksi bilangan koordinasi ion kompleks dan molekul; tetapan pembentukan kompleks; keadaan Eg dan T2g: kompleks oktahedral spin tinggi dan rendah; perhitungan kelarutan AgCl dalam NH3 (dari Ksp dan Kf); bentuk cis dan trans.
2) Kimia Fisika
Kesetimbangan kimia; kesetimbangan ionik; kesetimbangan elektroda; kinetika reaksi homogen; termodinamika (hukum I); termodinamika (hukum II); sistem fasa; tingkat energi
atom hidrogen; kuadrat fungsi gelombang dan kebolehjadian; pemahaman persamaan Schrodinger sederhana; bilangan kuantum n, l, m; bentuk dan konfigurasi ruang orbital p, d; diagram orbital molekul H2 N2 dan O2; orde ikatan O2, O2-, O2+; elektron tak berpasangan dan sifat paramagnet; teori Huckel untuk senyawa aromatik; asam dan basa Lewis; asam basa keras lunak.
3) Kimia Organik
Alkana; sikloalkana; alkena; alkuna; arena, polisiklik dan heterosiklik; stereokimia; senyawa halogen; alkohol, fenol, dan eter; senyawa karbonil; asam karboksilat dan turunannya; senyawa nitrogen; makromolekul dan polimer; asam amino dan protein; asam lemak dan lemak; karbohidrat (polisakarida); asam nukleat; reaksi perisiklik; elusidasi struktur; sintesis organik.
4) Kimia Analitik
Pimilihan indikator untuk asidimetri; kurva titrasi; pH (asam lemah dan kuat); potensial sel (titrasi redoks); perhitungan buffer; identifikasi Ag+, Ba2+, Cl-, SO42-, Al3+, NO2-, NO3-, Bi3+, VO3-, ClO3-, Ti4+, uji nyala: K, Ca, Sr; hukum Beer-Lambert; spektroskopi UV-VIS, IR; spektrometri massa; NMR; AAS; sinar-X; polarimetri.
C. Materi Olimpiade Fisika
Materi olimpiade fisika mencakup: mekanika klasik, mekanika kuantum, elektrodinamika, termodinamika, dan fisika modern dengan deskripsi masing-masing materi sebagai berikut:
1) Mekanika Klasik
Formalisme Newton, Lagrange, Hamilton; Osilasi; Gerak Gaya Sentral; Gerak dalam kerangka Non Inersia; Dinamika sistem partikel; Dinamika Fluida.
2) Mekanika Kuantum
Probabilitas dan persamaan Schroedinger; Potensial 1 Dimensi; Osilator harmonis sederhana; momentum angular; atom Hidrogen; Teori Perturbasi; Sistem banyak partikel; Teori Hamburan.
3) Elektrodinamika
Elektrostatis; Magnetostatis; Persamaan Maxwell; Persamaan kontinuitas dan teorema pointing; Gelombang EM; Radiasi multipole; Relativitas khusus.
4) Termodinamika
Hukum Termodinamika; Prinsip Entropi Maksimum dan kriteria keseimbangan; Transformasi Legandre dan potensial termodinamika; Relasi termodinamika dan campuran; Distribusi kanonik kecil, kanonik dan kanonik besar; Fungsi partisi; Transisi Fase.
5) Fisika Modern
Molekul dan spekstroskopi; Konduktor dan semikonduktor; Superkonduktor dan kemagnetan; Model Nuklir; Peluruhan dan Reaksi Nuklir; Partikel elementer.






    D. Materi Olimpiade Biologi
Materi olimpiade Biologi mencakup: Kimia dalam kehidupan; Biologi sel; Genetika; Botani; Zoologi; Mikrobiologi; Ekologi dan Evolusi. Deskripsi dari masing-masing materi sebagai berikut:
1) Kimia dalam kehidupan
Senyawa dan unsur kimia dalam kehidupan; Struktur dan fungsi makromolekul; Metabolisme
2) Biologi sel
Macam sel; Organel; Membran; Struktur; Fungsi; Komunikasi sel; Siklus sel; Mitosis dan Meiosis.
3) Genetika
Kromosom; Dasar molekuler dari penurunan sifat; Sintesa protein; model mikroba, teknologi DNA, genome, genetika populasi dan genetika terapan
4) Botani
Keanekaragaman, struktur, anatomi, fisiologi, reproduksi, fotosintesis dan pemanfaatan.
5) Zoologi
Keanekaragaman, struktur, reproduksi, sistem saraf, sistem sirkulasi, sistem eksresi, perkembangan, perilaku, dan pemanfaatan.
6) Mikrobiologi
Protista, bakteri, fungi, virus, keanekaragaman, fisiologi, pemanfaatan dan kerugian
7) Ekologi
Populasi, komunitas, ekosistem, biosfir dan konservasi
8) Evolusi
Isolasi, Filogeni dan sistematik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Koneksi Antar Materi Modul 3.2.a.9

 "Tugas Modul 3.2.a.9 - Koneksi Antar Materi" Pemimpin Pembelajaran dalam Pengelolaan Sumber Daya Oleh : Kasmir Syamsudin Male, S....